Cara memasang baja ringan ke tembok, begini yang efisien

cara memasang baja ringan ke tembok

Cara memasang baja ringan ke tembok – Jika dulu rangka dinding menggunakan kayu, sekarang ini banyak orang lebih memilih memakai baja ringan. Pasalnya baja ringan ini selain kuat dan tahan lama juga ringan.  Tetapi ada beberapa cara memasang baja ringan tersebut ke tembok supaya hasilnya bagus. Salah satunya memperhatikan kondisi tembok yang akan dipasang.

Tidak hanya atap dan dinding, rangka baja hampir digunakan dalam semua kontruksi rumah. Tentu karena memiliki banyak sekali kelebihan termasuk dari segi harga yang ditawarkan, kualitas, serta kekuatan. Tertarik memasang baja ringan pada tembok? Berikut langkah yang benar agar hasilnya bagus:

  1. Perhatikan Kondisi Dinding

Apabila pengguna ingin memasang baja ringan pada dinding saat renovasi, maka perlu memperhatikan kondisi dinding terlebih dulu. Misal membersihkan dari kotoran, meratakan, menutup lubang bekas paku, dan lainnya. ketika membersihkan, pengguna bisa memakai air dan kain kering, kemudian diamkan sampai kering.

Namun berbeda bila dinding sudah mulai rusak atau mengelupas. Tindakannya bisa mengamplas supaya lebih halus. Pasalnya hal ini cukup penting untuk membuat hasil pemasangan baja ringan menjadi awet.

2. Rangkai Baja Ringan

Setelah memastikan kondisi tembok layak untuk dipasang baja, cara memasang baja ringan ke tembok selanjutnya ialah merangkai baja. Perhatikan pula kondisi baja ringan. Apakah terdapat retak, bengkok atau tidak simetris. Jika sudah bagus, mulai rangkai baja ringan.

Cara merangkainya tidak sulit, bisa dilakukan perempuan karena ringan. Biasanya untuk merekatakan semua bagian, tukang bagunan akan memasang sekrup dengan bor. Pastikan tidak lupa memasang karet pada sekrup guna menghindari bocor air hujan.

Baca juga : cara menata warung sederhana, begini cara larisnya!

Pasang sekrup pada masing-masing bagian khususnya sambungan. Bukan pada tembok sebab rangkaian baja tidak langsung dipasang pada dinding. Bisa di tempat lain, kemudian nanti diposisikan pada tembok yang akan diganti. Sesuaikan pula ukuran serta pola sekrup agar lebih kokoh.

3. Perhatikan Desain Dan Bentuk Tembok

Selain kondisi dinding, desain dan bentuknya juga harus dilihat. Pasalnya setiap bentuk rumah mempunyai desain tersendiri. Mengingat ada dinding yang dibuat tidak rata entah sengaja atau karena sudah mulai rapuh. Kondisi tersebut sangat bergantung untuk menentukan hasil akhir dari pemasangan baja ringan ke dinding.

Jika sudah dipastikan bagus, maka hasilnya bisa sempurna. Proses ini juga bisa digunakan sebagai acuan pembelian baja serta dana yang harus dikeluarkan.

4. Pasang Menggunakan Dynabolt

Selanjutnya adalah pemasangan baja ringan ke tembok menggunakan dynabolt atau bisa pakai paku usuk. Saat pemasangan, harus hati-hati dan teliti agar hasilnya bagus. Gunakan juga dynabolt yang berkualitas dengan pemasangan yang banyak. Karena akan semakin kuat kokoh perlekatannya. Berikut tahapan yang benar dalam pemasangan:

  • Gunakan bor listrik khusus tembok sesuai ukuran dynabolt atau paku.
  • Bor juga bagian yang pas pada baja ringan dengan ukuran sama agar bisa masuk.
  • Dengan perlahan, masukkan dynabolt pada sambungan keduanya.
  • Jangan lupa pasang ujung dynabolt sampai mentok.
  • Lalu rekatkan dengan sekrup agar kuat.

5. Periksa Hasil Akhir

Langkah ini merupakan yang paling penting yaitu mengecek hasil setelah jadi. Seperti pemasangan perekat yang sudah kuat dan benar atau ada bagian yang ternyata belum sempurna. Pastikan periksa dengan teliti supaya tidak ada satu bagian pun yang terlewat. Mengingat warnanya yang serupa, terkadang susah membedakan.

Baca juga : cara mengaci tembok, di jamin rumah jadi mulus !

Tahapan terakhir ini juga berguna untuk mengetahui kekuatan baja ringan yang sudah terpasang di dinding. Tentu saja ini akan sangat berbahaya jika ternyata ada yang belum terpasang. Untuk menghindarinya, pasang baja ringan secara bertahap.

Demikian sekilas cara memasang baja ringan ke tembok dengan mudah tanpa ribet. Bagaimana? Mudah bukan cara memasang baja ringan ke tembok sendiri di rumah. Akan tetapi, jika tidak yakin sebaiknya serahkan pada ahli bangunan.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *