Copywriting Iklan Untuk Tingkatkan Konversi

Copywriting Iklan Untuk Tingkatkan Konversi

Manfaat Copywriting Iklan untuk Bisnis

Copywriting iklan adalah bagian dari strategi pemasaran. Metode ini dapat meningkatkan konversi bisnis online Anda. Copywriting atau sales letter adalah bagian terpenting untuk menarik minat pembaca.

Jadi, jika website Anda memiliki tingkat konversi rendah, bisa saja masalahnya karena teknik copywriting yang kurang menarik.

Secara etimologi, copywriting terdiri dari dua kata, yaitu copy dan writing. Dalam dunia periklanan, copy memiliki arti tulisan atau naskah. Sedangkan writing adalah kepenulisan.

Jadi, copywriting bisa kita simpulkan sebagai teknik tulisan untuk menarik pembaca agar membeli produk yang ditawarkan.

ciri-ciri-copywriting-yang-baik-dan-benar
Sumber : panduanim.com

Ciri-Ciri Copywriting yang Bisa Meningkatkan Konversi

Penulisan copywriting iklan berbeda dengan jenis konten tulisan biasa. Copywriting harus bisa menarik minat pembaca agar melakukan tindakan. Adapun ciri-ciri copywriting yang baik adalah sebagai berikut:

1. Menulis Tentang Manfaat Produk yang Memberi Solusi

Penulisan copywriting iklan tidak dibuat untuk membahas semua fitur produk atau layanan yang ditawarkan. Tulisan dibuat untuk mengenalkan manfaat dan solusi pada para pembaca. Pastikan produk atau layanan Anda adalah solusi yang tepat bagi para pembaca.

Jangan pernah menulis ulasan atau manfaat palsu pada para audience.

Sampaikanlah manfaat dengan sebenar-benarnya. Berpegang pada fakta-fakta yang ada sangat penting untuk diperhatikan. Tulislah fakta tentang manfaat produk atau jasa Anda.

2. Informasi yang Digunakan Harus Spesifik

Copywriting iklan yang dibuat tidak perlu panjang-panjang. Gaya penulisannya harus singkat, padat, dan jelas. Jadi, tulisan harus dibuat secara spesifik. Artinya, tulisan tidak general atau umum.

Dengan penulisan yang spesifik, audience pun akan menilai Anda serius dalam membantu mereka. Khususnya dalam memecahkan masalah dan mencapai apa yang menjadi tujuan mereka.

4. Tulisan Dibuat Semenarik Mungkin dan Tidak Membosankan

Tulisan yang dibuat harus menarik dan tidak membosankan. Ini adalah syarat wajib yang harus dipenuhi pada copywriting.

Tulisan harus membuat pembaca yakin dan bersemangat untuk melakukan tindakan. Gaya penulisan pun tidak boleh bertele-tele agar pembaca tidak jenuh.

5. Menyesuaikan Bahasa dengan Target Customer

Copywriter profesional harus tahu siapa yang menjadi target pembacanya. Mereka harus bisa menyesuaikan gaya bahasa dengan target audience. Tulisan harus benar-benar menyasar ke audience yang tepat.

Mulai dari usia, jenis kelamin, dan lainnya. Dengan begitu, tulisan akan mudah diterima oleh kalangan tertentu.

Copywriter harus membuat tulisan yang cocok. Gaya tulisan harus disesuaikan entah itu formal, informal, santai, hingga jenis bahasa gaul sekalipun. Artinya, jika bahasa dan copywriting sesuai dengan target, maka iklan akan tersampaikan.

6. Headline yang Menarik

Semua pe- bisnis online pasti sepakat bahwa headline akan menentukan sebuah konversi. Headline yang bagus akan membuat omzet penjualan meningkat. Sebuah headline harus dibuat seatraktif mungkin.

Dari sinilah sebuah tulisan harus bisa mengalihkan perhatikan dan membangun rasa penasaran calon customer.

7. Copywriting Harus Dibuat Melalui Riset

Riset adalah faktor penting sebelum membuat copywriting iklan. Riset bertujuan agar penulis paham apa benefit, fitur, dan informasi lain terkait produk atau layanan yang ditawarkan.

Setelah itu, tulisan baru dibuat semenarik mungkin dengan menonjolkan manfaatnya.

copywriting-untuk-tingkatkan-konversi

Faktor yang Memengaruhi Konversi Pada Bisnis Online

Ada beberapa faktor kenapa copywriting bisa melakukan konversi pada bisnis online Anda.

Adapun faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap konversi dari sebuah copywriting adalah sebagai berikut:

  1. Konten copywriting yang dibuat harus memberi nilai lebih kepada pembaca. Konten yang dibuat harus relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, pembaca akan kembali kepada brand Anda.
  2. Konten yang dibuat menawarkan solusi kepada pembaca. Maka, tingkat konversi pembaca menjadi pelanggan pun akan semakin besar. Pasalnya, mereka beranggapan bahwa produk atau layanan Anda adalah solusi bagi permasalahan mereka.
  3. Tujuan konten copywriting dibuat untuk membangun jalinan hubungan serta kepercayaan antara brand dengan audience. Setelah kepercayaan terjalin dengan sebuah tulisan, maka konversi pun akan terjadi. Pembaca yang datang berpotensi untuk menjadi pelanggan setia Anda.

Coywriting tidak hanya sebatas pada landing page. Anda bisa mengaplikasikannya pada FB Ads, copywriting for company profile, caption IG, email marketing, dan lainnya.

Untuk meningkatkan konversi, Anda juga bisa memadukannya dengan Google Ads. Semakin banyak strategi yang diaplikasikan, semakin besar kemungkinan konversi terjadi.

cara-meningkatkan-conversi-iklan

Kesimpulan

Copywriting adalah solusi untuk website yang memiliki traffic tinggi namun minim konversi. Sales letter berperan untuk menawarkan produk atau layanan Anda. Copywriting juga merupakan senjata marketing yang akan langsung berhadap-hadapan dengan konsumen.

Artinya, pembuatannya harus dibuat sedemikian rupa agar pembaca tertarik untuk melakukan tindakan. Entah itu membeli produk, menggunakan jasa, menghubungi Anda, atau tindakan lainnya.

Demikian informasi tentang manfaat dan penjelasan copywriting iklan untuk bisnis online. Untuk Anda yang tidak bisa membuatnya, tidak usah khawatir.

Karena, saat ini ada banyak jasa copywriting profesional yang siap membantu meningkatkan omzet penjualan Anda.

Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini di media sosial ya!

Tinggalkan Balasan