Copywriting Landing Page untuk Bisnis

Copywriting Landing Page untuk Bisnis

Manfaat Copywriting Landing page

Bagi pelaku bisnis online, copywriting landing page merupakan strategi yang wajib diperhatikan. Karena dari sinilah sebuah konversi akan terjadi. Di mana nantinya, pembaca yang mengakses website Anda kemungkinan besar akan menjadi pelanggan.

Landing page adalah halaman website yang dibuat untuk tujuan marketing yang spesifik. Landing page akan berdampak langsung pada tingkat konversi.

Namun, berhasil atau tidaknya tergantung bagaimana Anda membuat copywriting pada landing page.

Apa Itu Copywriting?

Singkatnya,  copywriting adalah sebuah seni menjual melalui sebuah tulisan. Copywriting landing page sering juga disebut sales letter.

Tulisan yang dibuat harus bisa membuat pembaca memberikan respon yang kita harapkan. Nah, itulah yang disebut dengan copywriting.

Adapun fungsi dari copywriting pada landing page adalah:

  • Membuat pembaca mulai membeli produk atau menggunakan layanan Anda
  • Mendaftar pada landing page yang telah Anda buat
  • Mengingat produk atau layanan Anda

Sales letter sangat penting sekali di dalam bisnis. Pasalnya, media tulisan inilah yang nantinya akan berhadapan langsung dengan calon customer.

Dalam internet marketing, teknik copywriting sama halnya seperti seorang salesman. Tujuannya untuk menarik calon customer agar membeli produk atau menggunakan layanan Anda.

Namun, salesman ini berwujud sebuah tulisan pada halaman website, atau iklan yang dibuat dengan sebuah tulisan.

copywriting-adalah

Alasan Kenapa Copywriting itu Penting

Jika bisnis online tidak menggunakan copywriting landing page, sama dengan membuang 80% waktu dan biaya. Tapi masalahnya, tidak semua pelaku bisnis online paham bagaimana cara membuat copywriting.

Sehingga, banyak dari mereka yang membuat atau menerbitkan iklan yang tidak menarik minat pembaca.

Landing page adalah halaman website bisnis Anda yang akan diakses oleh ribuan pembaca. Jika teknik tulisan untuk menarik minat customer kurang bagus, maka tingkat konversi akan rendah.

Dari sinilah timbul permasalahan kenapa website dengan traffic tinggi tapi minim penjualan?

Para pengunjung sudah masuk ke website Anda, tapi mereka tidak tertarik untuk melakukan tindakan (transaksi).

Nah, di sinilah tulisan seorang copywriter berperan. Pengunjung website Anda nantinya tidak hanya sebatas ‘pengunjung’. Dengan tulisan yang tepat, mereka akan berubah menjadi seorang customer. Saat ini copywriter di Indonesia sangat mudah kita jumpai, namun apakah tulisan yang mereka hasilkan sudah pasti bagus?

Di sinilah kita harus pandai-pandai dalam memilih.

jasa-copywriting-bisnis

Ciri-Ciri Copywriting Landing page yang Berkualitas

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi konversi dalam bisnis online adalah headline landing page. Headline yang berbobot akan membuat pembaca tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda. Jika Anda salah memilih headline, maka tingkat omzet Anda akan menurun.

Adapun faktor-faktor yang menentukan headline tersebut menarik adalah sebagai berikut:

1. Unik

Headline yang disuguhkan dengan cara berbeda akan membuat pembaca penasaran. Jika Anda memberikan hal yang sama dengan semua kompetitor, maka jangan berharap mendapat hasil yang spektakuler.

Karena semua pedagang selalu mengklaim produknya lah yang terbaik, bukan?

Headline yang dibuat tidak boleh standar, atau pasaran. Copywriting harus dibuat dengan cerdik. Tulisan pun harus hasil dari riset produk yang jeli. Dengan begitu, kita bisa mengangkat manfaat produk atau layanan Anda.

2. Spesifik

Headline yang dibuat harus secara spesifik. Tujuannya agar pembaca tertarik dengan apa yang disajikan. Tujuan lainnya adalah memastikan pembaca atau konsumen potensial memang sedang membutuhkan apa yang Anda tawarkan.

Misalnya, sebuah layanan membuat headline “Cara Membuat Website Super Mudah”. Namun, ketika Anda mengaksesnya, pembuatan website ternyata menggunakan Joomla, bukan WordPress.

Hal ini tentu akan membuat Anda kecewa bukan?

Headline tersebut belum spesifik. Tingkat bounce rate pengunjung yang meninggalkan website pun akan tinggi.

Kenapa hal demikian bisa terjadi?

Karena bisa saja yang masuk pada website tersebut adalah pembaca yang ingin membuat website dengan WordPress.

Maka, harusnya gantilah headline-nya dengan “Cara Membuat Website Super Mudah Menggunakan Joomla”. Atau, “Cara Membuat Website Mudah Menggunakan WordPress”.

Dengan begitu, headline jauh lebih spesifik. Sehingga, pembaca yang masuk pada halaman website adalah pembaca yang sudah tertarget.

3. Tulisan Harus Memberi Manfaat atau Solusi

Poin ke-3 ini merupakan aturan yang penting dalam pembuatan headline. Perlu Anda ketahui, pembaca hanya akan tertarik pada tulisan yang menawarkan solusi dan manfaat. Sebaliknya, pembaca akan meninggalkan website jika mereka merasa tidak akan mendapat manfaat dari tulisan Anda.

Memfokuskan pada manfaat adalah dasar dari copywriting. Metode ini memiliki kemungkinan besar untuk meningkatkan konversi. Manfaat besar bagi pembaca akan berdampak pada konversi.

Jadi, tulisan yang dibuat tidak hanya sebatas fitur produk yang ditawarkan. Melainkan jauh lebih luas dengan bahasa yang sederhana.

Kesimpulan

Copywriting adalah salah satu faktor terpenting di dalam sebuah bisnis. Copywriting yang bagus akan membuat konversi bisnis online semakin tinggi.

Terlebih jika Anda memadukannya dengan FB Ads dan Google Ads. Kini, jika Anda belum mahir dalam membuat tulisan copywriting, Anda bisa memercayakannya pada jasa profesional.

Demikian ulasan seputar copywriting landing page dalam dunia digital marketing. Jika ingin omzet bisnis Anda meningkat, aplikasikanlah metode ini sekarang juga! Anda juga bisa menggunakan jasa copywriting profesional.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Leave a Reply