Tips Membangun Gedung Desain  Green Building

desain gedung

Penerapan green building untuk saat ini telah menjadi salah satu topic yang telah lama dibahas di Negara-negara maju. Pembangunan gedung dengan desain green building bahkan telah lama diterapkan dinegara-negara maju sebagai salah satu langkah untuk mencegah terjadinya pemansan global. Penerapan green building sangat dirasa penting sekali didalam berbagai aspek karena menjadi alasan dan salah satu langkah untuk menjaga lingkungan serta alam tidak rusak dan dalam kondiis baik. 

Konsep green building sendiri memang didesain dalam desain, konstruksi dan operasinya bisa mengurangi dampak negative bagi lingkungan. Konsep ini juga biasanya mengharuskan gedung bisa kantor tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan alam sekitar. Proses pembangunan yang dibangun untuk gedung desain green building ini memang sangat ramah lingkungan. 

Proses pembangunan ramah lingkungan ini memang membutuhkan kontibusi yang nyata dari para kontraktor, arsitektur, insinyur dan juga klien, supaya bisa menghasilkan output gedung yang ramah lingkungan yang berkualitas tanpa mengurangi kenyamanan didalamnya. 

Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dan beberapa tips dalam membangun gedung desain green building : 

  • Penggunaan air serta sumber daya lainnya dilakukan sebaik dan sefesien mungkin
  • Memangaatkan energy terbarukan pada gedung pembanguna, seperti halnya memasang panel surya dan turbin udara. 
  • Langkah-langkah pengurangan polusi serta limbah, apablika bisa memungkinkan, diperlukan adsanya tempat untuk melakukan daur ulang limbah sampah. 
  • Mempertimbangkan kualitas hidup yang ada di gedung tersebut 
  • Desain bangunan yang dirancang disesuaikan agar bisa beradaptasi dengan adanya perubahan lingkungan yang terjadi disekitarnya. 

Baca juga : Tips Desain Interior Bergaya Artsy Yang Bisa Anda Coba

Adapun tips membangun Gedung green building adalah sebagai berikut : 

Tips yang bisa Anda gunakan ketika Anda ingin membangun gedung green building ialah Anda harus memperhatikan betul-betul konsep bangunan secara life cyclenya dimulai dari tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, renovasi hingga pembokarannya juga perlu memperhatikan dampak negative dan menciptakan dampak positifnya terhadap iklim dan lingkungan alam sekitar. 

green building, harys didasarkan pada pembangunan berkelanjutan yang meliputi pengehmatan sumber daya alam, perancangan selama daur hidup, dan rancanagn yang manusiawi, biasanya untuk penggunaan lahan yang tepat guna dan efesien tidak menggunakan seluruh lahan yang ada untuk pembangunan gedung melainkan memang disisihkan dan menyediakan 30% dari lahan totak untuk daerah resapannya. 

Selain itu juga, perencanaan dalam pengatura sirkulasi udara yang paling optimal itu tidak menggunakan AC dengan pengalihan mengoptimalkan cahaya matahari sebagai penerangan di siang hari. green building juga bisa menggunakan tenaga surya dan turbin angin sebagai alternative penghasil listrik. green building juga menggunakan peralatan penghemat air seperti shower bertekanan rendah,serta shower otomatis, tanki toilet yang low flush yang bisa mengatur penggunaan air dalam gedung tersebut sehemat mungkin. 

Sedangkan untuk limbah dan manajemen lingkungan green building juga meliputi aspek manajemen lingkungan dan pengelolaan limbah secara local. Bebera[a contohnya penggunaan material kayu yang memiliki sertifikat untuk mendukung manajemen pemeliharaan ulang hutan, penggunaan material dari sumber daya yang terbarukan serta manajemen limbah yang optimal baik limbah padat atau cair yang ramah lingkungan. 

Baca juga : Tipe Desain-Desain Rumah Minimalis Yang Paling Banyak di Minati

Dari penjelasan diatas terkait tips membangun gedung green building serta hal-hal yang perlu diperhatikan selama pembangunan. Anda perlu memperhatikan dengan betul sebelum melakukan pembangunan agar tidak merusakan ekosistem dan lingkungan sekitar. Dan pembangunan green building perlu digalakkan di Indonesia agar terciptanya pembangunan yang hijau dan ramah lingkungan. 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *