Keunikan Gedung Kontemporer dan Contoh Gedung Kontemporer 

Sekilas  jika Anda mendengar nama kontemporer maka yang pertama kali ada dipikiran adalah jaman dahulu atau gaya lama, tapi jangan salah bahwa sekarang sudah banyak arsitektur yang berbentuk kontemporer, yang mana gaya tersebut dipadukan dengan arsitektur pada masa kini loh. Gedung kontemporer pun sekarang banyak didirikan di Indonesia, contohnya saja karya arsitekur kontemporer paling inovatif yang ada dalam arsitektur yaitu ada museum seni, hospital, dan bangunan umum lainnya. 

Ciri khas dari Gedung kontemporer ini adalah aristektur yang dibangun sangat post modern yang sudah pasti ramah lingkungan, selain itu juga dokus desain rumah ramah lingkungan ini hemat energy dan memasukkan bahan daur ulang dalam pembuatan desain gedungnya. 

Adapun perbedaan dari arsitektur kontemporer dengan yang modern yaitu. Kalau yang kontemporer memiliki tema yang tren saat ini dan masa depan, selain itu tidak terbatas oleh zaman, tidak terikat oleh hokum yang berlaku, dan bisa berubah sesuai perkembangan zaman, dan yang menarik ada banyak tema yang bisa dijadikan referensi Anda. Sedangkan untuk arsitektur yang modern, tren ini dimulai dari awal hingga pertengahan abad ke 20. 

Selain itu lebih bersifat statis, dan memang dibangun sebelum revolusi industry, selain itu juga terikat oleh aturan-aturan lama, dan memang dirancang untuk zaman tertentu saja, dan tema yang disediakan lebih bersifat konvensional. Untuk ciri khas dari Gedung kontemporer ini adalah, ruangannya lebih terbuka dan menyatu, selain itu bentuknya seperti garis lurus, material yang digunakan memang baru dan modern. 

Baca juga : Tips Memilih Desain Rumah 1 Lantai Agar Rumah Terlihat Lebih Luas

Selain itu juga atapnya sengaja didesain lebih terbuka dengan bentuk overstack dan kebanyakan didesain dengan memanfaatkan cahaya alami. Sedangkan untuk penataan ruangnya biasanya berbentuk lengkung, ada juga berbentuk spasial dan juga kubus, akan tetapi yang paling populer yaitu berbentuk melingkar. 

Adapun contoh gedung arsitektur yang berbentuk kontemporer yaitu, sebagai berikut : 

  • Museum Gungengheim, Spanyol 

salah satu bentuk gedung kontemporer yaitu ada gedung gungengheim dari spanyol, gedung ini berbentuk klasik yang mana banyak dikagumi oleh wisatawan. Bangunan ini memang diakui sebagai momen sinyal dengan budaya arsitektur, dan uniknya bangunan ini memiliki kurva yang dirancang untuk menangkap cahaya dari luar. 

  • Casa Munita, Chlie 

Gedung selanjutnya ada casa munita, yang merupakan gedung yang dirancang oleh arias dan surtiera dengan menghadirkan desain kontemporer dan ruang yang memanfaatkan tanah sebagai bahan dari bangunan kontemporer ini. Bangunan ini juga banyak diminati oleh pengunjung dari berbagai mancanegara loh. 

  • Museum Jewish, Berlin 

Gedung kontemporer selanjutnya ada museum jewish berlin di jerman, yang mana museum ini sudah dibangun sangat lama sekali, bangunan ini memnag terdiri dari dua bangunan, yang mana salah satunya adalah kollegienhaus tua bekas tempat gedung pengadilan yang dibangun sejak abad ke 18 , serta gedung baru yang memang khusus dibuat untuk bangunan museum.Museum ini memang dibangun dan dirancang pertama di berlin dan dibuka untuk umum pada tahun 2002. 

  • Milau Viaduct, Perancis 

Yang terakhir yaitu gedung kontemporer milau viaduct di poerancis, gedung ini merupakan jembatan jalan yang membentang lembah sungai tarn dekat millau di selatan perancis. Jembatan ini terkenal karena jembatan ini paling tinggi di dunia. Selain itu juga jembatan ini memakan jumlah biaya yang cukup banyak waktu itu yaitu sebesar 400 juta dolar loh. 

Baca juga : Kantor Anda Ingin Tampil Unik? Adopsi Jenis Desain Interior Kantor Pasti Anda Akan Betah

Berdasarkan penjelasan diatas, itulah tadi keunikan dari gedung kontemporer dan contoh gedung kontemporer, jika Anda ingin membangun gedung kontemporer bisa mencari referensi lainnya untuk menambah wawasan Anda. 

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *