Macam-Macam Jenis Artikel berdasarkan Kebutuhanya, Kamu Kriteria Penulis yang Mana ?

Macam-Macam Jenis Artikel berdasarkan Kebutuhanya, Kamu Kriteria Penulis yang Mana ?

Di era digital saat ini, semua hal mulai dilakukan melalui internet. Hal inilah yang membuat peluang pekerjaan menulis artikel menjadi semakin banyak.

Selain itu, menulis artikel juga fleksibel, karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Penulis artikel adalah salah satu jasa yang sangat dibutuhkan untuk melakukan promosi barang, branding diri atau pekerjaan, dan melakukan interaksi sosial.

Namun menjadi penulis memiliki pengertian yang beragam, tergantung kriteria dari penulis ataupun artikel yang di buat.

Nah jika kamu ingin belajar untuk menjadi penulis, berikut ini beberapa penjelasan tentang jenis-jenis artikel sesuai dengan kebutuhannya.

Ini akan membantu memberikan referensi untuk kamu yang mungkin ingin mencari jenis artikel apa yang cocok dengan tulisan kamu.

Jenis-jenis Artikel Sesuai Fungsi dan Kebutuhannya

Menjadi penulis artikel dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Saat menulis artikel, kamu harus menulis artikel dengan kaidah dan ketentuan yang baik dengan mementingkan kelayakan baca serta apa yang ingin disampaikan dapat diterima oleh pembaca dengan jelas.

Nah langsung saja, berikut beberapa jenis tulisan yang dapat kamu jadikan referensi untuk memulai menulis :

1. Jurnalistik

Jurnalistik merupakan tulisan yang berkaitan dengan peristiwa, sehingga banyak orang menjadi tahu tentang peristiwa tersebut.

Jurnalistik dibuat tanpa adanya pendapat dari penulis artikel. Saat menulis artikel jurnalistik, kamu harus mencari informasi berdasarkan fakta dan menulis yang sebenar-benarnya tentang peristiwa yang terjadi.

Selain itu, kamu juga harus memiliki kecepatan menulis, sehingga berita yang disampaikan masih hangat saat dibaca.

Tulisan jurnalistik cocok bagi kamu yang memiliki jaringan yang luas, selalu up-to-date dengan isu-isu terkini serta memiliki rasa ingin tahu dan kepedulian yang tinggi.

2. Review atau Ulasan

Review merupakan jenis tulisan yang memberikan ulasan tentang produk, perusahaan, tempat atau pelayanan. Isi dari tulisan review harus detail dan jelas. Ada banyak sekali contoh artikel ulasan di internet yang mengulas tentang berbagai macam hal.

Nah jika kamu tertarik, bisa coba mulai mengulas hal-hal yang disukai baik itu produk, tempat ataupun pelayanan.

Misalnya, jika menyukai dunia kecantikan, maka kamu dapat menulis review tentang produk kosmetik.

Atau jika menyukai gadget, maka kamu dapat menulis review tentang gadget terbaru.

Biasanya penulis artikel review menerbitkan tulisannya di sebuah blog pribadi atau blog penyedia artikel serupa.

Artikel yang ditulis sendiri dan diterbitkan sendiri biasanya difungsikan sebagai media berbagi pengalaman.

Dan jika hasil tulisan tersebut menarik, maka bisa jadi perusahaan tertentu yang tau tentang tulisan kamu, akan membeli ataupun menawarkan untuk menempatkan iklan di blog tersebut.

Dan apabila menerbitkan artikel review tersebut ke situs lain, biasanya akan dicek kualitasnya layak terbit atau tidak, dan jika layak maka akan ada komisi untuk si penulis.

3. Copywriting

Copywriting adalah tulisan yang erat kaitanya dengan iklan atau promosi baik itu produk, jasa ataupun layanan.

Tujuan pembuatanya adalah untuk mengajak konsumen untuk lebih tau tentang produk atau jasa yang dipromosikan.

Meskipun Copywriting erat kaitanya dengan media periklanan dan promosi, namun ada juga yang menggunakan tulisan ini sebagai artikel berita yang bersifat informatif.

Namun keberadaannya jarang ditemui karena memang pemanfaatanya yang berbeda.

Seorang Copywriter diharuskan untuk bisa menghasilkan tulisan yang unik dan menarik, mampu memilih kata-kata yang ideal untuk promosi, serta memiliki pengetahuan bahasa yang luas.

Contoh tulisan Copywriting banyak ditemui pada situs-situs landing page perusahaan, iklan sosial media seperti facebook dan instagram, bahkan caption pada konten yang bersifat iklan juga memiliki Copywriting.

4. Creative Writer

Creative writing merupakan jenis yang memerlukan imajinasi dan kreativitas yang tinggi dari sang penulis.

Kemampuan ini biasanya didapat secara alami dari si penulis yang memang memiliki kemampuan imajinasi yang tinggi serta bisa menggambarkan apa yang diimajinasikannya kedalam bentuk tulisan.

Atau memang didapat dari pencapaian akademik setelah bertahun-tahun mempelajari dan mendalami tentang creative writing. Karna skill ini akan sulit didapat tanpa latihan dan pengetahuan yang cukup.

Tulisan yang dihasilkan oleh Creative Writing memiliki kemampuan untuk membuat pembaca berimajinasi terhadap cerita yang dituliskan, membayangkan kejadian yang digambarkan menggunakan kalimat-kalimat yang sederhana agar mudah dipahami.

Dari situ bisa dikatakan bahwa Creative Writing cenderung bersifat storytelling atau menceritakan suatu kejadian dengan karakter cerita yang fiktif atau tidak nyata.

Nah dari situ pengembangan tentang Creative Writing muncul, seperti seorang novelis dengan berbagai hasil karyanya yang apabila bagus, bisa layak untuk dijual dan menghasilkan uang dari situ.

5. Penerjemah Bahasa Asing

Jika kamu pandai berbahasa Inggris, tidak ada salahnya untuk menjadi penulis artikel Inggris. Biasanya, kamu akan diminta menerjemahkan dokumen dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.

Kenapa penerjemah bahasa asing dibutuhkan ?, karena seperti yang kita tahu, tidak semua orang mengerti dengan bahasa asing meskipun pada level internasional seperti bahasa inggris.

Bahkan, tidak semua kalimat dalam bahasa inggris apabila diterjemahkan ke bahasa lokal (dalam hal ini bahasa indonesia), memiliki arti yang sama atau memiliki makna yang sama.

Oleh karena itu, penerjemah yang memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus dibutuhkan agar informasi yang disampaikan pada tulisan dan artikel dengan penggunaan bahasa asing, dapat diterjemahkan dengan baik dan benar.

Memang untuk menjadi penerjemah bahasa asing, membutuhkan kemampuan multilingual yang baik, namun jika sudah mahir, komisi yang didapatkan tidak sedikit loh.

6. Penulis Blog

Blog adalah platform yang paling banyak digunakan oleh berbagai macam jenis penulis untuk menerbitkan hasil tulisannya. Seorang Creative Writer mempublikasikan hasil tulisannya di blog personal sebagai media share ke pembaca.

Begitu juga dengan seorang jurnalis dan review atau ulasan, setiap tulisan yang dibuat akan disimpan di blog personal dengan tujuan tertentu.

Namun biasanya tidak semua hasil tulisan akan ditempatkan di blog, hanya beberapa saja dengan alasan dokumentasi atau artikel yang lain sudah memiliki platform tersendiri yang notabene “berduit”.

Namun pengertian penulis blog disini lebih ke content writer. Dengan tujuan untuk mengelola blog tersebut sebagai upaya meningkatkan pengunjung.

Jenis artikel yang dibuat biasanya bersifat informatif dengan membahas satu topik tertentu.

Demi mendapatkan banyak pengunjung, pemilik blog biasanya memilih untuk menggunakan jasa penulis artikel untuk mengisi konten blog dibandingkan harus menulis sendiri.

Dengan berbagai macam alasan yang ada seperti lebih efisien, hemat waktu dan hasil yang berkualitas.

7. Artikel Branding

Adalah sebuah tulisan yang dibuat untuk memperkenalkan suatu brand dalam upayanya membentuk karakter atau ciri khas tersendiri, untuk nantinya dapat dikenal oleh masyarakat melalui karakter atau ciri khas tersebut.

Penulisannya berasal dari berbagai macam sudut pandang. Dari pemilik brand itu sendiri, konsumen (yang juga termasuk artikel review) ataupun orang lain yang merasakan sendiri dampak dari karakter atau ciri khas produk yang sudah terbentuk sebelumnya.

Artikel semacam ini akan sangat membantu pemilik brand untuk mempopulerkan produknya secara out of the box alias beda dari yang lain.

Dengan begitu, ketertarikan konsumen terhadap produk tersebut akan meningkat.

Contoh artikel branding yang dimaksud bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Sumber : hipwee.com

Nah dari 7 jenis artikel yang sudah dijelaskan di atas, kamu lebih tertarik dengan jenis artikel mana nih ?

Selalu sesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik menulismu aja ya, biar lebih mudah untuk menyesuaikannya.

Karna memang tidak semua jenis artikel diatas bisa dibuat dengan mudah. Sebagian jenis artikel diatas ada yang menyediakan jasa penulis untuk membantu membuat artikel dengan kualitas yang baik.

Sisanya adalah artikel yang memang dibuat oleh profesional yang bekerja untuk perusahaan tertentu.

Oke sampai disini dulu pembahasan kita kali ini mengenai jenis-jenis artikel. Terima kasih sudah menyempatkan untuk berkunjung. Semoga bisa bermanfaat buat para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk share artikel ini kalau menurut kamu menarik. Sekian.

Tinggalkan Balasan