Tips Cara Membuat Tampilan Website Minimalis

Tips Cara Membuat Tampilan Website Minimalis

Membuat Tampilan Blog Menjadi Keren Dengan Tema Minimalis

tampilan blog atau website menjadi faktor penting yang bisa memberikan kenyamanan kepada pembaca saat berkunjung ke situs kita.

Terkadang dari kita sendiri merasa lebih nyaman jika melihat blog atau website kita terlihat rapi dan bersih.

Maksud dari terlihat rapi dan bersih adalah dengan memperhatikan penataan navigasi halaman, widget, tipografi serta penempatan iklan yang tepat dan sesuai, sehingga pengunjung situs tidak merasa terganggu ketika membaca artikel kita.

Tentang Tampilan Website Minimalis :

Saat ini komposisi halaman yang terlalu padat pada sebuah website tidak banyak disukai oleh audience.

Kebanyakan pengunjung situs datang hanya ingin mendapatkan informasi yang mereka cari, di luar itu mereka akan mengabaikan atau hanya sekedar membaca sekilas saja.

Bahkan bisa saja pengunjung akan merasa terganggu apabila situs terlalu banyak menampilkan konten yang tidak perlu.

Menggunakan tema minimalis pada situs akan sangat membantu untuk situs kamu bisa lebih modern, good looking serta rapi.

Kenapa Harus Minimalis

Saat ini situs-situs besar seperti google, facebook, twitter dan situs-situs besar lainya sudah menggunakan tema minimalis dan semakin kesini semakin banyak situs lain yang mengikutinya.

Bahkan untuk aplikasi yang ada di mobile seperti smartphone pun berbondong-bondong mengikuti gaya tema minimalis.

Kesan “light & simple” yang dihadirkan pada tema minimalis ini sangat memanjakan mata dan membuat nyaman untuk dinikmati baik dari segi tampilan ataupun isi kontennya.

Nah jika kamu tertarik untuk mencoba tema minimails ini di situs blog atau website kamu, maka kamu bisa ikuti beberapa tips ini untuk menambah pengetahuan kamu tentang seperti apa karakter tema minimalis yang wajib kamu terapkan.

Yuk langsung disimak.

Karakter Desain Website Minimalis

Tema Blog Minimalis Keren

Setiap tema desain pasti memiliki karakter atau ciri khas masing-masing. Termasuk juga desain minimalis.

Mengedepankan kesan “light & simple” dengan memberikan jumlah konten secukupnya pada setiap halaman situs.

Sehingga dengan begitu kita sebagai pemilik situs diharuskan untuk pandai dalam penyampaian setiap informasi pada konten untuk tetap menjaga kesan simpel tersebut. 

Terutama pada penempatan widget yang umumnya berisi archive konten, informasi kontak ataupun iklan yang harus ditampilkan sebaik mungkin tanpa mengganggu audience ataupun menghilangkan karakter minimalis itu sendiri.

Nah untuk membantu kamu membuat desain situs minimalis kamu, berikut beberapa karakter tema minimalis yang sudah umum dan sering digunakan pada banyak situs saat ini.

Sesuaikan Tema Warna yang Digunakan

Memilih warna dasar untuk tema website

Menentukan warna tema pada situs penting untuk bisa memberikan warna karakter pada situs kamu. Biasanya warna tema yang dipilih menyesuaikan dengan logo situs yang sudah kamu buat sebelumnya.

Pemilihan warna untuk desain minimalis tidaklah sulit. Biasanya pada beberapa page builder seperti wordpress, menyediakan banyak sekali pilihan tema yang bisa kamu kostumisasi sendiri, termasuk pada pemilihan warna.

Pastikan untuk tidak menggunakan lebih dari 4 warna, karena semakin banyak warna tentu akan semakin menghilangkan karakter minimalis itu sendiri. 

Dominasikan ke Warna Putih

Dominasikan warna putih untuk warna dasar

Bicara soal pemilihan warna, penggunaan warna dasar putih dalam situs blog atau website sudah sangat umum. 

Selain itu, warna putih adalah warna yang identik dengan karakter minimalis, sehingga menyertakan warna ini sebagai warna dasar sangatlah direkomendasikan. 

Setidaknya jika ingin mencari warna selain putih, jangan juganakan warna yang terlalu mencolok, pilihlah komposisi warna yang ringan dan cerah.

Jika kamu perhatikan situs sosial media seperti facebook dan twitter, keduanya saat ini sangat mengedepankan kesan minimalis dengan hanya menggunakan 2 warna saja yaitu biru dan putih. 

Sedangkan untuk warna pendukungnya menggunakan gradasi dari kedua warna utama yang digunakan.

Gunakan Blur Shadow

Menggunakan blur shadow pada konten situs

Entah kenapa penggunaan shadow pada setiap kerangka situs menjadi sangat menarik untuk diimplementasikan. Seolah menjadikan komposisi situs menjadi lebih cocok jika disandingkan dengan desain minimalis.

Dan benar saja, penggunaan shadow atau bayangan pada sebagian atau keseluruhan kerangka pada situs saat ini menjadi hal wajib jika membawakan kesan minimalis.

Kembali kita melihat situs besar seperti Google dan Facebook. Lihat bagaimana hampir di setiap halaman, selalu menggunakan shadow dalam kerangka situs mereka.

Dan memang situs-situs besar seperti itulah yang selalu mengawali sebuah desain baru pada situs mereka, yang nantinya akan diikuti oleh banyak situs lain. 

Curved Border

Menggunakan border lengkung

Salah nggak sih jika kita mengatakan bahwa karakter rounded border di setiap UI atau UX aplikasi ataupun situs, mulai populer sejak munculnya layar smartphone yang juga didesain menjadi “rounded corner”. 

Sebenarnya rounded border sudah sangat lama digunakan di berbagai banyak desain, namun mulai booming atau populer digunakan secara massal sejak tahun 2017 dimana pada saat itu juga pasar smartphone menyediakan komposisi layar hp yang juga rounded.

Sebenarnya kostumisasi border itu tergantung selera pemilik situs. Baik menggunakan curved border ataupun flat border keduanya tetap membawa kesan minimalis. 

Featured Image Menggunakan Desain Flat

Contoh desain gambar flat minimalis

Sebenarnya langkah ini merupakan faktor pendukung saja untuk menambah kesan minimalisnya.

Hanya saja untuk pelaksanaanya juga sedikit susah, karna kita harus mencari gambar ilustrasi berbentuk kartun yang mana perlu mencari ataupun mendesain sendiri terlebih dahulu.

Jika kamu punya kemampuan dalam software editing seperti Adobe Photoshop atau Illustrator, mungkin akan sedikit membantu menghasilkan gambar ilustrasi yang bertema flat dengan cara mendesain sendiri ataupun mengambil dari internet secara legal.

Sebagai referensi, situs seperti freepik atau vecteezy bisa membantu kamu mencari gambar ilustrasi yang dimaksudkan secara legal.

Atau jika memang tidak terlalu tertarik dengan desain flat atau vector, situs unsplash menjadi alternatif kedua untuk mencari gambar ilustrasi secara legal.

Nah itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin mencoba desain minimalis pada situs website atau blog. Silahkan dicoba dan semoga berhasil.

Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini mengenai desain web minimalis. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Jangan lupa untuk dibagikan ya agar artikel ini bisa bermanfaat untuk banyak orang. Terimakasih sudah menyempatkan berkunjung, salam digital!

Tinggalkan Balasan