Tips Memilih Desain Interior Untuk Rumah Kecil

Memiliki rumah yang kecil kerap kali dianggap sebagai salah satu hambatan dalam menentukan desain interior. Namun sebenarnya desain interior untuk rumah kecil tetap bisa memberikan kenyamanan jika Anda memilihnya dengan teliti.

Selama di tata dengan baik, sebuah rumah akan terlihat lebih luas dan rapi. Anda yang saat ini tinggal di rumah yang kecil hanya perlu menata kembali rumah Anda untuk mendapatkan nuansa ini. Lantas bagaimana cara penataan yang tepat untuk rumah kecil? Perhatikan beberapa tips berikut ini.

Bagi Ruangan Berdasarkan Fungsi

Saat menata interior pada rumah Anda, pastikan Anda membagi rumah Anda sesuai dengan fungsi dari ruangan tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa menata sebagian sudut rumah untuk dijadikan ruang tamu, ruang tengah, hingga ruang makan.

Usahakan untuk menggunakan furniture dengan bentuk yang ramping agar rumah Anda tidak terlihat sempit meski menyimpan banyak furniture. Pastikan fungsi dari setiap ruangan digunakan semaksimal mungkin dan tidak bercampur agar penataan ruangan bisa lebih rapi.

Hindari Penggunaan Sekat Pada Desain Interior Untuk Rumah Kecil

Meski pada pembahasan sebelumnya Anda disarankan untuk membagi ruangan berdasarkan fungsinya, namun sangat disarankan agar Anda tidak menggunakan sekat atau pemisah pada setiap ruangan tersebut. Desain interior untuk rumah kecil yang menggunakan sekat akan memberikan kesan sempit dan akan menghambat mobilitas Anda di ruangan tersebut.

Gunakan konsep open space dengan menata furniture dari setiap ruangan dengan tepat dan rapi sehingga ruangan akan terlihat luas. Saat menggunakan konsep open space, Anda harus ingat bahwa konsep ini menuntun Anda untuk selalu memastikan ruangan dalam kondisi rapi agar rumah Anda lebih nyaman dan sedap dipandang.

Baca juga : Desain Kamar Tidur Monokrom Minimalis Untuk Hunian Modern

Gunakan Warna Netral

Trik lain yang bisa digunakan saat menentukan desain interior untuk rumah kecil Anda adalah dengan memilih warna yang netral. Warna netral juga kerap kali dikaitkan dengan konsep minimalis. Anda bisa memilih warna netral seperti cream sebagai warna dinding rumah Anda agar rumah terlihat lebih terang dan memberikan kesan lebih luas.

Membubuhkan warna netral pada dinding juga bisa membuat Anda lebih leluasa memilih warna untuk furniture Anda. Anda bisa memilih warna furniture yang serasi dengan warna netral seperti warna monochrome, coklat, hingga warna army.

Anda juga bisa memilih furniture dengan warna gelap lain seperti navy atau warna terang seperti gold untuk digunakan bersama warna dinding yang netral. Namun hindari menggunakan terlalu banyak furniture atau hiasan agar rumah Anda tidak terlalu ramai.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan saat menentukan desain interior untuk rumah kecil Anda. Memiliki rumah yang kecil bukan berarti Anda harus pasrah dengan kesan sempit yang dimiliki. Anda hanya perlu lebih teliti saat mendesain interior rumah Anda serta memilih konsep dan peralatan yang tepat.

Selain memilih konsep dan detail yang tepat, selalu menjaga kerapian juga bisa menjadi trik yang tepat untuk membuat rumah Anda terlihat lebih luas. Anda juga bisa menggunakan furniture atau perabotan multifungsi agar tidak terlalu banyak benda di rumah Anda.

Membuat desain interior pada dasarnya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan artitek atau desainer khusus. Kunci utama yang perlu diingat agar rumah Anda terlihat luas dan rapi adalah jangan terburu-buru dalam mendesain interior rumah Anda.

Baca juga : Coworking Space Kesukaan Milenials dan Rekomendasi Tempat Keren

Anda bisa mencari inspirasi desain interior untuk rumah kecil dari berbagai sumber agar konsep interior yang Anda gunakan sesuai dengan selera dan kebutuhan rumah Anda. Interior yang tepat akan membuat rumah Anda terlihat lebih luas dan indah.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *